Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Mengenali VGA | VGA onboard dan eksternal

VGA atau graphic adapter merupakan sebuah perangkat dalam komputer yang merupakan sangat penting keberadaannya dalam accelerasi tampilan monitor, terbagi menjadi 2 jenis yaitu onboard atau biasa kita kenal dengan VGA "Internal" dan "eksternal" atau tambahan.

Perbedaannya keduanya tentu jelas sangat berbeda, untuk VGA onboard, biasanya hanya sebuah chip yang biasanya sudah langsung terpasang pada motherboard dan sudah ada pada satu paket dalam motherboard tersebut. Sedangkan untuk VGA eksternal biasaNya sangat mudah dikenali, bentuknya persegi panjang dan memiliki Kipas.

Hardware yang satu ini biasanya sangat dibutuhkan oleh pengguna komputer yang selalu menggunakan pengolahan data dalam bidang Multimedia seperti untuk menjalankan Pemutar Video, Drawing (Cad, Corel, photoshop dll), ataupun dalam Memainkan game. Kini telah banyak software yang hanya berjalan hanya dengan VGA yang sudah ditetapkan standarnya. Jika VGA yang kita miliki dibawah standar yang mereka tetapkan maka kitapun tidak akan dapat merasakan software hebat yang mreka ciptakan itu, sekalipun kita bisa pasti tidak akan maksimal dalam menjalankannya.

Untuk mengenali VGA yang sedang anda gunakan anda bisa melihat melalui komputer bila anda menggunakan windows xp yaitu dengan cara :

Klik kanan My Computer > pilih Manage > pilih Device Manager

pada kolom sebelah kanan Device Manager pilih Display Adapter. Disitu biasanya akan terlihat Merek dan Jenis VGA yang anda gunakan.

Bila ingin mengetahui jenis VGA apa yang anda gunakan apakah itu onboard atau eksternal hanya dengan cara membongkar komputer anda, dan lihat gambar berikut ini untuk membedakannya :




VGA ONBOARD


VGA, VGA onboard








VGA EKSTERNAL
VGA, VGA eksternal

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar