Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

The Forgotten War 1950-1953( south korea vs north korea)

The Forgotten War 1950-1953

3 Votes

PERTIKAIAN HEBAT DI SEMANJUNG KOREA

Angkasa Edisi Koleksi No. LVII 2009

Angkasa Edisi Koleksi No. LVII 2009

Meski rencana serbuan amfibinya dinilai berbahaya dan impossible, Douglas MacArthur tetap yakin pada pendiriannya. Meniru serangan Normandia, setelah mendarat di Inchon pada petang 13 September 1950, puluhan ribu tentara PBB langsung menggempur posisi Tentara Rakyat Korea Utara. Didukung Uni Soviet, mereka telah menguasai hampir seluruh wilayah Korea Selatan. Jenderal bintang lima yang mahir bertempur ini seolah tahu apa yang akan dilakukan lawan. Hanya dalam beberapa hari, 70.000 tentara Korea Utara telah mengepung Pusan berhasil dipukul mundur dan dikalahkan.

Gempuran dari arah belakang itu benar-benar niengagetkan tentara Korea Utara. Sama mengejutkan ketika tentara dan tank T-34 Korea Utara tiba-tiba melangkahi perbatasan Korea Selatan pada 25 Juni 1950. Baik pimpinan Korea Sclatan, AS, maupun PBB tak habis pikir, mengapa Korea Utara sampai berani menginvasi Korea Selatan. Biasanya yang terjadi hanya penyusupan kecil-kecilan. “Itu artinya perang melawan PBB seru Sekjen PBB Trygve Lie. Tampa kehadiran delegasi Uni Soviet dan China, sidang Dewan Keamanan digelar dan kontak senjata di Semanjung Korea pun berkobar.

Tentara AS pada Perang Korea

Tentara AS pada Perang Korea

Meski melibatkan kesatuan tempur darat, udara, laut dan marinir dari 22 negara dan menawaskan lebih dari lima juta perang, uniknya, perang Korea hanya dianggap sebagai angin lalu. Kenapa? Dalam Edisi Koleksi Angkasa The Forgotten War 1950-1953: pertikaian Hebat di Semanjung Korea ini, Anda akan menemukan jawabannya. Anda juga bisa mengikuti semua kisah pertempuran yang berlarut-larut sampai tiga tahun itu. Tentang perang laut dan keterlibatan pesawat tempur China yang mengganas di Lembah MIG. Nyatanya “perang” yang satu ini belum benar-benar berakhir, hingga kini. jangan lewatkan!

“In war, there is no substitute for victory”
~ Douglas MacArthur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar