Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CARA MENGINSTAL WINDOWS XP

Banyak dari kita yang membayar hanya untuk menginstal sistem operasi windows. Tapi itu hal wajar karena memang ilmu itu mahal.

Kalau ada yang ingin gratis menginstal windows ya belajar. Berikut ini tutorial cara menginstal windows XP. Ikuti dan pahami baik-baik setiap langkahnya. Karena kalau anda salah melangkah, ya gak kenapa kenapa...

Pertama siapkan CD instalasi Windows XP (bajakan juga boleh) dan pastikan komputer atau notebook anda terpasang CD atau DVD drive (pastikan CD atau DVD drive-nya dalam keadaan baik). Kalau gak ada pakai yang external.

Sekarang nyalakan komputer anda. Tekan Delete atau F2 atau F10 untuk masuk BIOS. Atur Boot Priority menjadi CD atau DVD drive. Disini komputer saya menggunakan BIOS Phoenix, untuk BIOS yang lain tinggal sesuaikan saja di menu Boot. Simpan pengaturannya dengan menekan tombol F10.




Komputer restart dan akan muncul tulisan seperti ini. Saat tulisan ini muncul langsung tekan tombol apa saja di keyboard.

Kemudian Windows akan memeriksa sistem komputer. Tunggu sampai selesai.

Setelah selesai cheking, windows akan melakukan persiapan instal seperti gambar di bawah. Tekan Enter untuk instal Windows XP.


Kemudian akan muncul layar persetujuan dari Microsoft. Tekan F8 tanda setuju.

Lalu pilih drive mana yang akan kita instal windows. Kalau hardisk sudah terpartisi langsung saja pilih drive yang akan diinstal windows dan tekan Enter, misal drive C atau D. Kalau belum terpartisi (Unpartitioned space) maka tekan C untuk membuat partisi baru. Untuk menghapus partisi tekan D.
Penting : Pastikan anda menginstal windows di drive yang tidak ada data pentingnya. Karena semua data akan dihapus di drive yang terinstal windows.

Setelah membuat partisi, pilih partisinya lalu tekan Enter.





Lalu akan muncul tampilan sperti ini. Pilih yang paling atas lalu tekan Enter.


Setup Windows akan memformat partisi.


Dan biarkan windows mengkopi file sampai komputer melakukan restart sendiri.

Setelah restart, tampilan instal akan berubah menjadi seperti ini.

Dalam beberapa menit akan muncul jendela seperti ini. Klik Next.


Pada jendela ini, isikan nama untuk komputer anda dan organisasi. Nama wajib diisi. Klik Next.


Kemudian isikan product key windows. Karena kita menggunakan windows yang bajakan isikan saja product key yang ini : CRTGH-B68P2-XB6JC-44GCD-X9JHM. Lalu klik Next.

Pada jendela ini anda bisa memberi nama komputer anda. klik Next.

 Atur setting waktu dan tanggal komputer di sini. Klik next.

 Pada jendela Network Settings pilih Typical settings kemudian klik Next. Kemuadian biarkan windows menyelesaikan instalasinya sampai komputer melakukan restart.

 Setelah restart windows akan menuntun untuk melakukan beberapa persiapan. Pertama adalah pengaturan display. Jika pesan ini muncul klik Ok.

Kemuadian akan muncul pesan seperti ini juga klik Ok.

Tunggu...

Pada tampilan ini klik Next.

 Pada tampilan ini windows akan menyarankan untuk update otomatis. Karena windows kita bajakan pilih yang Not right now. Klik Next.

Windows akan memeriksa koneksi internet. Klik Skip.

Pada tampilan ini pilih No, remind me every few days. Lalu klik next.

Isikan nama untuk komputer anda. Klik Next.

Klik Finish.

Welcome screen windows.

Selamat. Windows XP berhasil terinstal di komputer anda.

Tapi pekerjaan belum selesai. Anda masih harus menginstal driver-driver hardware dan program-program pendukung seperti MS Office, Photoshop dll. Karena kita tidak bisa bekerja hanya dengan sistem operasi terinstal di komputer.

Untuk cara menginstal driver dan program komputer akan kita bahas dikesempatan berikutnya.
Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar