Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

10 peristiwa runtuhnya jembatan

10 Peristiwa Terburuk Runtuhnya Jembatan di Dunia - Runtuhnya Jembatan Tenggarong di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada 26 November 2011, mengejutkan. Jembatan ini masih terbilang muda karena baru digunakan tahun 2001. Belum ketahuan apa penyebabnya karena masih dalam proses penyelidikan.

Di dunia peristiwa semacam itu sudah beberapa kali terjadi. Berikut 10 Peristiwa Terburuk Runtuhnya Jembatan di Dunia :

10. Jembatan Ashtabula Ohio

10 Peristiwa Terburuk Runtuhnya Jembatan di Dunia
Jembatan Ashtabula Ohio

Jembatan kereta yang berada di atas sungai Ashtabula, Ohio, AS, ini runtuh pada 29 Desember 1876, petang. Peristiwanya terjadi saat kereta The Pacific Express melintasi jembatan itu dan tinggal 100 meter sampai di stasiun Ashtabula. Tiba-tiba jembatan patah membuat lokomotif dan sejumlah gerbong masuk kedalam sungai. Sebanyak 64 orang terluka dan 92 orang meninggal.

9. Jembatan Tay Skotlandia
Jembatan Tay Skotlandia
Peristiwanya juga terjadi pada bulan Desember, yaitu 28 Desember 1879, pada waktu yang hampir sama sekitar jam tujuh malam. Ketika itu kereta sedang melintas di atasnya dalam suasana hujan badai. Tiba-tiba jembatan jatuh membawa enam gerbong kereta yang sedang melintas. Sebanyak 75 orang tewas. Hasil penyelidikan menyebutkan, runtuhnya jembatan karena kualitas baja yang digunakan rendah.

8. Jembatan Perak Sungai Ohio
Jembatan Perak Sungai Ohio
Jembatan ini dibangun pada tahun 1928 yang dicat dengan warna perak sehingga dikenal sebagai Jembatan Perak (Silver Bridge) dan menghubungkan Point Pleasant, Virgina Barat dan Kanauga, Ohio, yang membentang di atas sungai Ohio. Pada 15 Desember 1967 jembatan ini runtuh ketika lalu-lintas sedang padat. Sebanyak 46 orang meninggal.

7. Sunshine Skyway Bridge
Sunshine Skyway Bridge
Jembatan dua lajur di atas teluk Tampa ini runtuh ketika sebuah kapal barang menabrak tiang penyangga jembatan saat hujan badai pada 9 Mei 1980. Tabrakan itu membuat bagian jembatan sepanjang 360 meter jatuh ke laut dengan membawa enam mobil dan sebuah bis. Sebanyak 35 orang meninggal. Satu-satunya korban selamat yang mobil pick-up-nya jatuh di geladak kapal SS Summit Venture yang menabrak jembatan itu menuntut ganti rugi pada pemilik kapal dan mendapatkannya pada tahun 1984. Sunshine Skyway Bridge kemudian dibangun kembali dan sekarang menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia, 6,67 km.

6. Schoharie Creek Bridge New York
Schoharie Creek Bridge New York
Jembatan ini membentang di atas sungai Mohawk, New York. Pagi-pagi 5 April 1987 setelah 30 tahun digunakan jembatan itu runtuh. Sebanyak lima mobil jatuh ke sungai menyebabkan 10 orang meninggal. Penyebab runtuhnya karena fondasinya terkikis erosi.

5. Hatchie River Bridge
Hatchie River Bridge
Musim dingin tahun 1988-1989 merupakan yang paling basah di sekitar sungai Hatchie, Tennessee, AS, yang menyebabkan sungai itu meluap. Luapan air itu membuat jembatan di atas sungai Hatchie di Memphis, runtuh pada 1 April 1989 membawa empat mobil dan sebuah trailer masuk ke dalam sungai. Sebanyak delapan orang meninggal.

4. Queen Isabella Causeway Texas
Queen Isabella Causeway Texas
Pagi 15 September 2001 empat kapal tongkang menabrak tiang penyangga jembatan Queen Isabella Causeway, di Texas. Sepanjang 24 meter bagian jembatan itu masuk ke dalam air pas di bagian tertinggi jembatan yang di bawahnya biasa digunakan untuk melintas kapal. Sebanyak delapan orang meninggal setelah mobilnya masuk ke dalam laut.

3. Oklahoma
Oklahoma
Jembatan sepanjang 150 meter di atas sungai Arkansas runtuh setelah sebuah tongkang menabrak tiang penyangganya padabulan Mei 2002. Sebanyak sembilan orang meninggal setelah mobil dan trailer yang sedang melintas masuk ke sungai terbawa jembatan yang runtuh.

2. Arroyo Pasajero Bridges California
Arroyo Pasajero Bridges California
Petang 10 Maret 1995 jembatan Arroyo Pasajero di California runtuh setelah penyangganya diterjang arus air karena banjir. Dilaporkan tujuh orang tewas karena peristiwa itu.

1. Minneapolis Bridge
Minneapolis Bridge
Sebanyak 50 mobil terjebak ketika jembatan di atas sungai Mississippi, Minneapolis, AS, runtuh. Dilaporkan 62 orang cedera dan sebanyak lima orang meninggal pada kejadian yang berlangsung pada 1 Agustus 2007 itu.

Dari peristiwa mengerikan di atas, penyebab runtuhnya suatu jembatan bisa macam-macam. Ada yang karena konstruksi yang menggunakan bahan kurang bagus, karena bencana alam, dan bahkan karena keteledoran manusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar