Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SEJARAH ALAT HITUNG : DARI SEMPOA SAMPAI KOMPUTER (BAGIAN 1)

Langkah Pertama Perjalanan Komputer




Bank menghitung bunga. Anak-anak berbagi kue. Insinyur merancang jembatan. Kita membuat perhitungan setiap hari. Dan saat kita menghitung sudah melebihi jari-jari tangan dan kaki kita, kita mulai mencari cara untuk menghitung dengan mudah dan akurat.
Selama berabad-abad, kalkulator adalah mesin yang membantu kita menghitung. Sebuah garis keturunan panjang perangkat hitung dari sempoa kuno ke komputer digital saat ini.


Alat Matematika
Sepanjang sejarah menghitung kita sudah menemukan cara untuk menambah kecepatan dan akurasi menghitung.
Banyak solusi bagian tubuh yang digunakan, terutama jari. Sebuah teknik dari Cina abad ke-19 dapat menghitung sampai 10 miliar hanya menggunakan dua tangan! Solusi lainnya adalah penghitungan mekanik - baik bertujuan untuk perhitungan sehari-hari atau perhitungan khusus seperti untuk navigasi, atau masalah ilmiah dan teknis lainnya.

Keajaiban Klasik : Antikythera Mekanis 

Mekanisme Antikythera

Penyelam menjelajahi kapal karam Romawi di lepas pulau Yunani Antikythera pada tahun 1901 menemukan sisa-sisa alat yang membingungkan.
Lima puluh tahun kemudian ilmuan perlahan mulai membuka misteri kuno ini.
Mekanisme Antikythera adalah kalkulator ilmiah tertua yang pernah diketahui. Sebuah susunan kompleks terdiri lebih dari 30 gerigi bisa menentukan presisi yang luar biasa posisi matahari, bulan dan planet-planet, memprediksi gerhana dan melacak tanggal Olimpiade.
Alat yang berumur 2.000 tahun ini dengan yang luar biasa telah mengubah pemahaman kita tentang Yunani kuno 'kemampuan ilmiah dan keahlian mereka'.
 
Nenek moyang "Pocket Kalkulator" 

Sempoa

Di era sebelum pensil dan bolpen, portabilitas adalah keuntungan utama dari sempoa. Ini memungkinkan pebisnis atau pemungut pajak, misalnya, untuk membuat perhitungan di mana saja, bahkan di pasar di mana menghitung dengan mencatat angka itu tidaklah praktis.
Sempoa berkembang dalam berbagai bentuk pada waktu yang berbeda dan tempat. Tapi memiliki karakteristik yang hampir sama : butiran (manik-manik, batu, kacang-kacangan, tongkat, koin) diatur dalam kolom vertikal atau horizontal, dengan baris yang berbeda mewakili nilai-nilai yang berbeda (satuan, puluhan, ratusan, dll). Memindahkan butiran-butiran penanda akan menghasilkan kombinasi nilai yang berbeda.


Sektor

Sektor

Sektor dikembangkan di tahun 1500-an, dapat melakukan berbagai perhitungan perkiraan yang luar biasa, dari aritmatika dasar untuk menghitung daerah dan volume atau mengkonversi mata uang.
Banyak digunakan untuk tugas-tugas seperti membangun benteng militer, di mana jawaban cepat lebih penting daripada presisi, sektor menjadi produk komersial: diciptakan oleh astronom Galileo dan terjual lebih dari 100.

Slide Rules

Prinsip di balik slide rules sangatlah sederhana. Dua bar, masing-masing ditandai dengan skala, geser kedua bagian sampingnya untuk menggunakan alat ini. Menyelaraskan angka pada berbagai jenis skala memungkinkan perhitungan yang berbeda, seperti perkalian atau trigonometri. Namun akurasi perhitungannya terbatas dan tergantung pada kemampuan pengguna.
Diciptakan pada tahun 1600-an, slide rules secara luas digunakan melalui abad ke-20.
  
Mudah dan akurat : Kalkulator Mekanik
Napier's Bones

Untuk beberapa perhitungan, fleksibilitas slide rules dan kesederhanaannya menutupi ketidaktepatannya. Tapi dalam banyak tugas, seperti akuntansi atau menghitung persediaan, menuntut hasil yang tepat yang berasal dari menghitung bukannya mengukur. Kalkulator mekanik dapat melakukannya.
Pemecahan masalahnya mulai berkembang, dari "Napier's Bones" tahun 1617, yang menggunakan urutan tongkat untuk perkalian, ke kalkulator Curta yang sangat elegan di tahun 1940-an.
 
Ide asli untuk bantuan perkalian mungkin berasal dari Timur Tengah. Eropa mempelajarinya dari John Napier Rabdologia tahun 1617.
Pengguna mengatur baris "rangka" (bar bertuliskan nomor urutan), kemudian ditambahkan nomor tertentu pada bar untuk melakukan perkalian.

Kalkulator Schickard
kalkulator Schickard

Sebuah surat tahun 1623 dari William Schickard ke astronom Johannes Kepler adalah satu-satunya catatan yang tersisa tentang  kalkulator Schickard.
Kalkulator Schickard dikombinasikan dengan Napier's Bones, untuk perkalian dan pembagian, dengan sistem bergigi-roda untuk menambah dan mengurangi. Ini adalah awal dikenalnya empat fungsi kalkulator mekanik.

The Leibniz Reckoner

1673 Gottfried Leibniz "Step Reckoner" memperkenalkan inovasi desain yang memungkinkan sebuah mesin bergigi tunggal untuk mewakili digit dari 0 sampai 9 dan menghitungnya hanya dengan satu putaran. Alat ini mendominasi desain kalkulator selama dua abad berikutnya.

BERSAMBUNG...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar