Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TIPS MENGHINDARI DAN MENGATASI SERANGAN VIRUS YANG MERUSAK KOMPUTER/LAPTOP.

sampai sekarang sudah banyak sekali pertanyaan, laporan dan komputer/laptop yang di bawa service ke rumah akibat virus w32.sality, w32.virut, virus shortcut, dll yang menyebabkan komputer/laptop error total, walaupun korbannya tidak sebanyak waktu serangan virus ini beberapa bulan yang lalu, tapi sudah cukup membuat repot kita semua.

untuk itu saya coba memberikan tips bagaimana kita menghindari dan mengatasi jika komputer/laptop kita kena serangan virus tersebut.

1. berhati hati jika kita menggunakan flashdisk atau kartu memory hp di tempat2 komputer umum, bertukar lagu lewat bluetooth, atau masuk ke situs2 di internet yang rawan kena virus.

2. selalu update anti virus kita, gunakan anti virus lokal (smadav) dan anti virus luar seperti avast, norton, microsoft security essentials, dll.

catatan : khusus untuk microsoft security essentials, di sarankan untuk teman2 yang sudah bisa mengatasi/patching WGA dari microsoft, jika belum bisa sebaiknya menggunakan anti virus yang lainnya

3. gunakan sality killer dari kapersky terbaru yang bisa menormalkan kembali ( disinfect ) file yang sudah terkena virus, sebelum di scan dengan anti virus, karena sebagian anti virus masih belum sempurna bisa menormalkan kembali ( disinfect ) file yang sudah terlanjur terkena virus sality, sehingga solusinya harus menghapus file2 windows dan data penting kita.

4. jika tiba2 komputer kita sama sekali tidak bisa di start/error. langkah paling awal adalah coba di restart dengan menekan tombol F8 dan pilih safemode. setelah itu coba lakukan scan dan pembersihan virus menggunakan sality killer terbaru. baru kemudain scan dan bersihkan dengan anti virus.
juga lakukan checkdisk untuk drive C, dengan cara meng klik kanan drive C klik properties, pilih Tools dan klik checkdisk, jangan lupa beri tanda centang pada pilihan atas (automatic fix system error ).

5. Jika sama sekali sudah tidak bisa start, walaupun sudah di coba dengan safemode (F8). gunakan Hirens Boot CD atau software lain agar kita bisa meng akses harddisk kita. atau bagi yang biasa, bisa juga dengan cara melepas harddisk kita dan di scan/checkdisk di komputer lain. jika menggunakan Hirens Boot CD, loading mneggunakan mini Xp, dan lakukkan pembersihan virus dengan sality killer, scan dengan anti virus, dan lakukan checkdisk untuk Drive C.

6. Jika setelah di scan ternyata virus sality sudah merusak system windows kita. lakukan install ulang dengan option repair. setelah itu jangan membuka file2 yang lain karena kemungkinan komputer kita belum aman 100% dari virus, install ulang/update anti virus kita. dan lakukan full scan komputer kita. setelah yakin 100% komputer/laptop kita aman, baru boleh membuka file2 yang lain.
selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar